Spesifikasi LEUSER ECOSYSTEM (Hutan Lindung Aceh)




Profil LEUSER ECOSYSTEM

Ekosistem Leuser adalah kawasan hutan yang berada di provinsi Aceh dan Sumatera Utara di pulau Sumatera di Indonesia.Meliputi lebih dari 2,6 juta hektar,ini adalah salah satu hamparan hutan hujan tropis terkaya di Asia Tenggara dan merupakan tempat terakhir di bumi dimana gajah sumatran,badak sumatran,harimau sumatera dan orangutan sumatran ditemukan dalam satu area.Ini memiliki salah satu sistem hutan terkaya dan paling tidak dikenal di dunia,dan vegetasinya merupakan sumber penting oksigen di Bumi.

Geografi



Ekosistem membentang dari pantai Samudera Hindia sampai Selat Malaka.Ini mencakup dua pegunungan yang luas termasuk Gunung Leuser yang mencapai 3.345 m,dua gunung berapi utama,tiga danau dan lebih dari sembilan sistem sungai utama.Selain menyediakan habitat untuk sejumlah spesies satwa langka,ekosistem berfungsi sebagai pendukung kehidupan selama kurang lebih empat juta orang yang tinggal di sekitarnya dengan menyediakan pasokan air,kesuburan tanah,pengendalian banjir,regulasi iklim dan mitigasi hama.


Ekologi



Ekosistemnya adalah rumah bagi populasi terbesar harimau sumatera,gajah sumatera,badak sumatera dan orangutan sumatera.Setidaknya ada 130 spesies mamalia di dalam ekosistem yang berarti satu dari 32 mamalia di dunia ditemukan di sana,atau seperempat mamalia Indonesia.Primata yang berada di dalam ekosistem termasuk siwak putih,siamang,kera,kukang dan lutung.Leuser adalah rumah bagi tujuh jenis kucing termasuk macan kumbang, kucing emas Asia,dan linsang yang terlihat. Beruang matahari cukup umum di dalam batas-batas ekosistem.


Herbivora yang paling umum ditemukan di Leuser adalah rusa yang meliputi rusa sambar,kijang dan kancil.Di antara reptil terbesar yang ditemukan di Leuser adalah kura-kura dan kura-kura.Yang paling berbisa adalah ular yang termasuk raja kobra dan ular piton yang bisa mencapai hingga sepuluh meter panjangnya. Pantau kadal,kadal,tokek dan berbagai katak juga biasa terjadi.



Sedikitnya 325 spesies burung telah tercatat di ekosistem dengan setidaknya delapan spesies endemik ke Sumatera. Keanekaragaman jenis burung yang kaya ini meliputi: pemakan lebah, flycatcher, penarik bunga, honeyguides, kingfishers, spiderhunters, burung pelatuk, barbet, bablers, broadbills, bulbul, drongos, hornbills, magpies, minvets, myna, orioles, robins, shamas, shrikes, burung walet, burung hantu, burung tekukur, burung merpati, burung merpati, burung merpati, burung merpati, burung puyuh, parkit, burung beo, burung nuri, burung layang-layang, burung layang-layang, burung nuri bitterns, herons, finfoots, bebek, snipes, sandpiper, wader, elang, elang, nightjars, burung hantu, elang ular, elang elang, elang ikan, elang laut, dan banyak lagi.


Ekosistem Leuser terdiri dari salah satu contoh vegetasi Indo-Malayan (Malesia) yang tersisa dengan perkiraan sekitar 45% dari sekitar 10.000 spesies tanaman yang tercatat. Secara umum ekosistem dapat dicirikan sebagai komunitas hutan hujan montana. Namun, tipe vegetasi khas sampai dengan ketinggian 600 meter adalah hutan dataran rendah tropis yang lembab yang ditandai dengan cerita berlapis-lapis dengan pohon-pohon yang muncul mencapai antara 45 dan 60 meter tingginya dan kepadatan spesies pohon buah yang tinggi. Varietas jenis pohon yang banyak ditemukan di Leuser mewakili hampir semua strategi kehidupan pohon, mulai dari pembungaan akar dan batang pohon berbunga sampai jenis ranting yang sama. Di antara pohon yang paling penting dan mengesankan adalah beberapa jenis tangkapan yang mencekik. Bunga terbesar di bumi; Rafflesia parasit adalah relatif umum di ekosistem.


  • Sejarah terkini

    Sebagai hasil kesepakatan damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan pemerintah pusat di Indonesia, Aceh diberi tingkat otonomi yang signifikan mengenai sumber daya alamnya, termasuk hak untuk mengatur Ekosistem Leuser. Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh saat ini, mendirikan Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser (BPKEL) untuk mengatur Ekosistem Leuser dan mengkoordinasikan pengelolaan satwa liar di Aceh. Pemerintah Aceh setempat telah memperkenalkan rencana pengembangan lahan yang akan membuka sekitar 1,2 juta hektar 2,6 juta hektare hutan untuk pertambangan, penebangan, dan pertanian.Sekelompok warga Aceh telah memutuskan untuk menuntut Kementerian Dalam Negeri.

    Leuser Sebagai Kawasan Strategis Nasional

    UU No.26 / 2007 tentang Penataan Ruang telah menetapkan konservasi dan kawasan keanekaragaman hayati yang penting sebagai Kawasan Strategis Nasional. Salah satu kawasan tersebut adalah Taman Nasional Gunung Leuser, dan Ekosistem Leuser yang lebih luas. Kawasan ini menyediakan air bagi hampir 4 juta orang yang tinggal di Aceh dan ini sangat penting bagi konservasi keanekaragaman hayati, serta simbol status penting Aceh. Pelestari memuji pemerintah daerah yang bersikap keras terhadap kegiatan kriminal di Kawasan Strategis Nasional seperti Leuser; Undang-undang No.26 / 2007 memungkinkan tuntutan pidana diajukan terhadap tidak hanya mereka yang melakukan kegiatan ilegal di daerah tersebut, tetapi juga bagi mereka yang memberikan izin agar kegiatan kriminal dapat dilakukan. Ini merupakan tonggak penting, dan menghalangi penegakan pejabat korup dari 'menjual' izin untuk melakukan kegiatan dapat merusak ekosistem yang sensitif ini. UU Tata Ruang Nasional menetapkan hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Pemerintah Aceh tidak menyebutkan status KEL sebagai kawasan strategis nasional dalam rencana penggunaan lahannya yang dikeluarkan melalui Qanun No. 19/2013.

  • Jalan
  • Salah satu ancaman terbesar terhadap Ekosistem Leuser adalah pembangunan jaringan jalan melalui hutan. Perluasan jalan dan permukiman ke daerah ini menyebabkan peningkatan deforestasi dan memungkinkan pembalakan liar dan perburuan liar dilakukan dengan lebih mudah. Sebuah jaringan jalan yang diusulkan dikenal sebagai "Ladia Galaska" yang menghubungkan pantai timur dan barat Aceh dan memotong Ekosistem Leuser di setidaknya sembilan tempat akan berdampak buruk pada hewan-hewan di daerah itu, banyak spesies yang tidak melintasi jalan. Rencana untuk jalan yang diusulkan tersebut terdiri dari 450 kilometer jalan utama ditambah lebih dari 1200 kilometer jalan kecil, yang sebagian besar berada di dalam batas-batas Ekosistem Leuser.

    Perkebunan kelapa sawit

    Juga ancaman utama adalah perkebunan kelapa sawit, terutama di daerah pesisir barat Aceh yang dikenal dengan Tripa. Perkebunan kelapa sawit di daerah ini terutama terletak di rawa gambut hingga kedalaman tiga meter. Antara 50 dan 100 juta ton karbon disimpan di rawa gambut, dan dilepaskan ke atmosfer sebagai karbon dioksida saat gambut dibakar. Perkebunan kelapa sawit membersihkan hutan primer dan membakar rawa gambut untuk membangun kanal besar guna memudahkan penanaman kelapa sawit. Degradasi lahan yang disebabkan oleh perkebunan kelapa sawit di Tripa mengkompromikan kesejahteraan masyarakat lokal dan menghancurkan habitat sejumlah spesies hewan karismatik, termasuk kepadatan orangutan paling tinggi yang ditemukan di manapun di dunia ini. Meskipun ada moratorium dua tahun untuk penebangan hutan, Gubernur Irwardi Yusuf mengeluarkan izin resmi ke perusahaan kelapa sawit PT Kallista Alam untuk memotong dan membakar hutan rawa gambut Tripa, yang membahayakan banyak spesies langka.

    Tindakan ini telah mendorong gerakan internasional untuk menyelamatkan Tripa. Kelompok konservasi telah selaras dalam kampanye internasional yang mengakibatkan pembatalan izin perkebunan kelapa sawit yang bersejarah. Ini menetapkan preseden hukum untuk menyelamatkan habitat orangutan yang terancam punah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH PANJANG SEBELUM PENETAPAN NAMA MENJADI SUBULUSSALAM

Segelintir Kisah Makam SYEKH MAULANA ABDUL QADIR di Gosong Telaga Aceh Singkil yang Dianggap KERAMAT

TOKOH PANUTAN MASYARAKAT ACEH SINGKIL dan SUBULUSSALAM

ADAT PERKAWINAN DALAM MASYARAKAT SINGKIL DAN KOTA SUBULUSSALAN

Begini SEJARAH PULAU BANYAK ( ACEH SINGKIL )

GAMBARAN UMUM KOTA SUBULUSSALAM

kisah SRIKANDI ( SITI AMBIA ) SINGKIL yang MENAKLUKKAN BELANDA

SIMPANG KIRI dan SIMPANG KANAN Sebagai Wilayah ADMINISTRATIF Era Pemerintahan HINDIA BELANDA

BENTENG KOLONIAL BELANDA SEWAKTU di ACEH SINGKIL ( Tempoe Doeloe )

Derita Kerajaan Singkil Era Penjajahan Belanda dan Jepang